Menjaga Kebersihan Lingkungan Demi Kesehatan Anak

Siapapun akan bersepakat bahwa menjaga kebersihan adalah penting dan dibutuhkan oleh semua orang. Tapi meski demikian pentingnya, masih banyak yang kurang peduli untuk menjaga lingkungannya agar tetap bersih. Bagi anda yang sudah berkeluarga dan sudah memiliki buah hati sangat penting untuk menjaga kebersihan karena akan berdampak langsung pada kesehatan anak. Usia anak-anak memang masih sangat rentan terkena penyakit. 


Jika kita cermati bersama datangnya penyakit pada tubuh anak-anak itu karena dua hal. Pertama, karena pola hidup kita yang kurang bersih. Memang sangat sulit bagi kita yang biasa hidup sendiri tanpa memikirkan orang-orang di sekitaran kita. Tapi jika sudah berkeluarga mau tidak mau harus memikirkan kesehatan isteri dan anak-anak kita. Maka pertama yang harus dilakukan adalah merubah pola hidup kita. 

Ikuti juga kami di: jual bak sampah fiberglass

Kedua, karena tubuh anak kita memang sudah rentan. Hal ini lebih pada argumentasi medis. Sekalipun anak-anak tinggal di lingkungan bersih tapi karena tubuhnya rentan terkena penyakit akan sangat sulit mengantisipasi. 

Apa yang bisa kita lakukan? Tentu adalah membersihkan lingkungan tempat kita hidup. Karena faktor lingkungan ini memang sangat penting dan paling menentukan bagi kesehatan kita dan tentu saja masyarakat secara umum. 
***
Kesadaran akan kebersihan di lingkungan masyarakat kita masih terbilang minim. Selokan yang kotor, air yang tidak steril, udara penuh polusi, sungai berserakan sampah dan lain sebagainya. Fenomena ini sudah mafhum di lingkungan kita dan seolah-olah biasa saja. Wabah kolera, demam berdarah, dan penyakit kulit yang menggejala di masyarakat tentu diakibatkan oleh lingkungan kotor yang asal muasalnya adalah pola hidup kita yang kurang sehat. 

Karena itu sebenarnya agenda kesehatan lingkungan demi anak-anak ini menjadi agenda bersama seluruh masyarakat dan pemerintah. Tanpa komitmen bersama maka semua itu hanya akan menjadi pepesan kosong. 

Di lingkup keluarga kecil atau keluarga inti kita bisa mulai dengan banyak hal. Misalnya dengan menguras kamar mandi secara teratur. Membersihkan saluran air yang mampet juga bisa. Mencuci pakaian kotor secara teratur. Dan membuang sampah pada tempatnya. Hal-hal kecil semacam itu sangat penting karena akan membasmi semaian penyakit. 

Menciptakan lingkungan yang sehat harus menjadi kesadaran kita secara individual dan komunal. Jangan hanya dijadikan sebagai kewajiban semata. Tapi ketika kita ingat kesehatan buah hati di rumah maka kita harus sadar apa yang harus menjadi konsekuensinya. 

Silakan bagikan artikel ini kepada teman, lingkungan atau kerabat anda. 



============

Jangan lupa like dan subscribe chanel youtube kami jual bak sampah fiberglass



Komentar